WISATA TASIKMALAYA

Bukan hal baru lagi jika tempat-tempat wisata di Indonesia ini tersebar dengan begitu luasnya. Hampir di tiap daerah ini memiliki ciri khas dan ragam wisata yang bisa dikunjungi. Mulai dari wisata alam seperti pantai, kolam renang hingga danau dengan panorama indah.

Seperti yang ada di Tasikmalaya, salah satu kota adminstratif di Jawa Barat yang menyimpan sejuta pesona dari tempat-tempat wisata yang dimilikinya sangat sayang jika Anda tidak mengunjunginya.

1. Taman Wisata Karang Resik


Seperti halnya ruang publik yang ada di kota-kota besar, Taman Wisata Karang Resik ini memang dikemas sedemikian rupa untuk menarik dan menjadi tujuan wisata khusus. Memiliki luas 32 hektar dan konsepnya adalah wisata alami, atraksi dan edukasi yang dipadukan dengan agrowisata. Ada juga rumah hobbit dan The Lodge Maribaya di dalamnya.

2. Tonjong Canyon Cipatujah


Ada tempat wisata unik yang sering disebut sebagai replika dari Green Canyon. Ngarai kecil ini memang tersembunyi dan memiliki keistimewaan sendiri. Tonjong Canyon Cipatujah didominasi tebing berbatu dengan warna kecoklatan ditambah dengan aliran sungai yang tenang. Wisatawan bisa datang dan menikmati keindahan dari sisi manapun.

3. Danau Lemona


Tasikmalaya memang tak memiliki danau alami tetapi bukan berarti tak ada wisata yang asyik. Disini, di Danau Lemona wisatawan bisa memanjakan mata dan menikmati wisata kuliner. Danau yang menjadi kolam ikan besar dan juga sejumlah saung yang disediakan khusus untuk para pengunjung.

Wisatawan juga harus meniti jembatan gantung yang terbuat dari bambu. Bahkan ini merupakan salah satu titik ekstrem yang seru untuk berfoto.

4. Bukit Kacapi

Sensasi main air dan menyaksikan pemandangan yang indah bisa didapatkan di Bukit Kacapi. Wisatawan bisa berenang di kolam renang dengan pemandangan istimewa di Bukit Kacapi. Ada dua hal yang bisa didapatkan yakni yang pertama adalah menikmati air yang sejuk di kolam instagenik serta menikmati adanya kebun teh dari ketinggian.

Tempatnya memang begitu hijau dan rindang yang memungkinkan siapa saja untuk merefreshkan otak dari rutinitas kerja dan rasa penat.

5. Jembatan Akar Santoaan


Bagi para wisatawan yang memburu spot unik dan cinta fotografi bisa menikmati tempat wisata di Jembatan Akar Santoaa. Tidak seperti jembatan akar di Padang, Sumatera Barat dan juga Baduy yang ada di Banten tetapi jembatan ini terbentuk dari dua pohon yang tumbuh. Dua pohon ini terpisahkan oleh sungai Santoaan yang ada di wilayah Gunung Galunggung.

Sayangnya untuk sampai di jembatan ini tak mudah karena harus trekking kurang lebih 1 km. Lokasi Jembatan Akar Santoaa ini berada di Kampung Tataru, Desa Tenjonagara, Kecamatan Cigalontang. Meski medannya sulit tetapi wisatawan bisa puas saat sampai karena pemandangan unik dan segar di sekitar jembatan.

6. Curug Dengdeng

Mereka yang sering melihat persawahan dengan sistem pengairan terasering seperti di Bali bisa menemukannya di Tasikmalaya Curug Dengdeng ini memiliki keajaiban alam yang benar-benar indah. Curug tersebut memiliki tiga tingkatan dengan ketinggian yang bervariasi.

Alirannya juga cukup deras mulai dari hulu sungai yang ada di Gunung Raja dan masih cukup aman untuk bermain di alirannya.

7. Karaha Bodas

Tak sedikit yang memaksimalkan pemandangan apik sebagai background swafoto pengunjung. Tidak sedikit juga yang memilih trekking untuk menyusuri tiap lekuk sawahnya sekaligus menjelajahi air panas yang ada di beberapa titik.Aktivitas ini berada di Karaha Bodas yang disebut sebagai Kawah Putih Tasikmalaya. Ada keunikan tersendiri dibandingkan dengan tempat lain.

Karaha Bodas adalah kawah dari gunung api muda yang bisa menghasilkan fenomena fumarol dan juga solfator yang bisa berpotensi menghasilkan panas bumi.

8. Curug Agung Galunggung


Pernahkah terlintas untuk melihat curug dengan warna-warna yang menakjubkan? Namaya adalah Curug Agung Galunggung. Objek Wisata di Tasikmalaya ini memiliki tinggi 80 meter dan ada di wilayah wisata Gunung Galunggung. Ada warna-warna air dari merah darah hingga biru laut yang mana ini menjadi daya tarik utama.

9. Leuwi Citoe Pancatengah


Tasikmalaya juga memiliki Leuwi Cito Pancatengah yang diketahui merupakan air terjun mini dan juga kolam dangkal yang begitu mengesankan. Ketika menelusuri sungai di sini, wisatawan bisa mendapatkan bonus pemandangan dan juga tempat yang keren untuk bersantai.

Bukan hanya karena pemandangan tetapi juga lanskap yang menawan dimana dari aliran sungai ini ada air terjun mini yang berwarna hijau atau leuwi.

10. Pantai Sindangkerta

Tak lengkap rasanya jika berlibur tanpa mengunjungi pantai yang ada di Tasikmalaya. Pantai Sindangkerta ini memiliki keistimewaan karena adanya Taman Laut Lengsar. Wisatawan bisa datang untuk berenang atau bermain air dengan adanya biota laut yang beragam. Ada sejumlah terumbu karang yang unik ketika laut sedang surut.

11. Gunung Galunggung

Wisata Gunung Galunggung menawarkan beragam pesona untuk bisa dinikmati. Keistimewaann alam pegunungan bisa wisatawan rasakan dengan hawa sejuk dan begitu menenangkan. Ada juga spot yang tak boleh dilewatkan yakni gardu pandang dengan pemandangan alam.

12. Wisata Taraju

Ada wisata yang menyatu dengan alam pedesaan. Namanya adalah Wisata Taraju. Tetapi ada hal lain juga yang bisa menambah keseruan dan keasyikan untuk liburan berkesan disini. Wisatawan bisa menyaksikan langsung kearifan lokal yang berasal dari penduduk desa dan bergerak di bidang pertanian dan perkebunan.

Berkunjung ke Desa Taraju sejenak akan membuat kita melupakan keriuhan kota.

13. Kampung Naga


Kali ini bagi wisatawan yang ingin berinteraksi langsung dengan masyarakat Sunda bisa datang ke Kampung Naga. Banyak keunikan yang bisa ditemukan di kampung ini. Karena letaknya yang ada di lembah yang subur, rumah warga memang memiliki kemiripan satu sama lain terutama dari arsitekturnya yakni berbentuk rumah panggung.

14. Jembatan Cirahong


Jembatan Cirahong merupakan jembatan instagenic yang memang membawa kesan berbeda. Ada mitos dibalik jembatan ini. Meski terdengar seram tetapi harus diakui bahwa jembatan cirahong memiliki sisi eksotisme konstruksinya dari baja berkualitas bagus dan memiliki struktur rapat.

Meskipun juga tak cukup luas untuk bisa dilewati dua mobil jika secara langsung. Jembatan ini juga menjadi jalur perlintasan Kereta Api Indonesia.

15. Rumah Batu Karangnunggal


Area rekreasi ini dulunya memang cukup ternama di Tasikmalaya. Tetapi dengan tampilannya sekarang kesan terbengkalai memang ada karena banyak tanaman rambat dan menutupi bangunan yang merupakan hasil pahatan seniman.

Meski begitu tetap saja ada sisi unik dari rumah batu ini. Tak salah jika banyak yang memburu foto dari rumah batu Karangnunggal.

16. Pantai Karang Tawulan

Pantai Karang Tawulan merupakan pantai yang mirip dengan pantai Puncak Guha yang ada di Garut. Pantai ini juga masih terlindungi oleh dinding tebing terjal. Tetapi masih ada ruang bermain di pasir pantai yang begitu indah.

Wisatawan juga bisa menikmati keindahannya dari pinggiran tebing karena ketika sore suasananya sangat menenangkan.

17. Gunung Batu


Banyak yang memanfaatkan tempat ini sebagai tempat foto pre wedding. Untuk menyaksikan lanskap dari ketinggian Tasikmalaya, Gunung Batu bisa menjadi jawabannya. Ada panorama yang begitu mengesankan dimana Gunung Batu ini dulunya memang merupakan lahan penambangan marmer.

Gunung Batu juga terkenal karena adanya hot spot keindahan panorama alam dari ketinggian Tasikmalaya.

18. Batu Paraga

Wisata berikutnya adalah Batu Paraga. Tempat wisata ini unik dan masih belum tersentuh peradaban yang ada di Tasikmalaya. Batu Paraga merupakan tempat anti mainstream yang mana bisa membuat kita menyaksikan keindahan bukit, ngarai serta aliran sungai yang tersembunyi.

Berenang atau sekadar bermain air disini membutuhkan kewaspadaan yang tinggi karena batunya pun cukup tajam dan aliran sungai yang deras.

19. Wisata Alam Pasir Kirisik

Pasir Krisik ini dijamin bisa memanjakan para pengunjung yang suka fotografi. Berawal dari villa keluarga, wisata alam ini akhirnya dibuka untuk umum dengan fasilitas kolam renang, gazebo dan villa.

Ada juga banyak spot unik untuk berfoto dimana Pasir Krisik ini memiliki taman bunga, wahana foto 3D dan lain sebagainya.

Temukan Destinasi Wisata di Tasikmalaya yang menarik untuk mengisi liburan bersama keluarga.  Apalagi adanya pemandangan alam yang eksotis membuat liburan makin berkesan.Karena Tasikmalaya memang memiliki kondisi alam yang bisa dieksplor agar menarik para wisatawan baik lokal ataupun asing.

 

Posting Komentar

0 Komentar